radio streaming

Widget By: Radio

Selasa, 03 Juli 2012

Belajar Korespondensi

Berikut ini adalah beberapa contoh soal surat niaga

  1. Soal Pembatalan Pesanan Barang
CV. Mitra Karya, Jl. Kejora 172 Surabaya mengirimkan surat pembatalan pesanan barang berupa 3 unit mesin fotocopy merk Canon tipe M-210 kepada PT. Angkasa Pura, Jl. Anggrek No. 29 dikarenakan barang pesanan tersebut seharusnya sudah diterima pada tanggal 14 Maret 2012. Namun sampai dengan tanggal 16 Maret barang pesanan belum diterima. Buat surat tersebut dalam bentuk indented.
  1. Surat Pengaduan Kerusakan Barang
Pada tanggal 18 Maret 2012 CV. Karunia Jaya telah menerima barang pesanan berupa 2 mesin fotokopi merk Canon dengan tipe M-150. Setelah diperiksa ternyata salah satu mesin , mengalami kerusakan. Selanjutnya CV. Karunia Jaya, Jl. Pembangunan No. 12 Yogyakarta mengirim surat klaimm kepada CV. Surya Kencana, Jl. Magelang Km 7, Yogyakarta. Buat surat tersebut dalam bentuk modified.
  1. Soal Penolakan Klaim
Menanggapi surat yang dikirim oleh CV. Karunia Jaya, Jl. Pembangunan No. 12 Yogyakarta, CV. Surya Kencana, Jl. Magelang Km 7 Yogyakarta merasa keberatan atas kalim yang CV. Karunia Jaya ajukan, karena CV. Surya Kencana telah mengirim barang pesanan berupa 2 unit mesin fotocopy dengan prosedur yang tepat melalui jasa angkut Lancar yang ditunjuk perusahaan. Keterlambatan barang tersebut menjadi tanggung jawab dari jasa angkut yang ditunjuk. Buat surat tersebut dalam bentuk hanging.
  1. Soal Penyesuaian
CV. Sekar Mutia, Jl. Merdeka 19 Semarang mengirim surat kepada CV. Budi Daya, Jl. Harapan No. 13 Yogyakarta untuk menanggapi pengaduan atas adanya ketidaksesuaian barang pesanan yang berupa 3 unit mesin fax merk Sharp. Setelah diselidiki ketidaksesuaian tersebut terjadi karena adanya ketidaktelitian pekerja dalam melakukan pengepakan barang. Buat surat tersebut dalam bentuk semi block.
  1. Surat Pembelian Secara Kredit
Setelah membaca iklah di harian kompas pada tanggal 18 Maret 2012 mengenai mesin-mesin kantor yang ditawarkan oleh CV. Sinar Gemilang, Jl. Harmoni No. 53 Semarang ternyata PT. Naga Buana, Jl. Timoho 108 Yogyakarta tertarik dan bermaksud membeli beberapa mesin kantor sebagai berikut :3 unit mesin fotocopy merk Canon, 2 unit mesin fax merk Panasonic, 2 unit mesin kasir merk Sharp.
Transaksi tersebut akan dilakukan dengan cara kredit dari PT. Mega Buana akan mengirimkan uang muka sebesar Rp. 25.000.000,- melalui bank Mandiri setelah mendapat balasan dari CV. Sinar Gemilang. Buat surat tersebut dalam bentuk full block style.
  1. Penolakan Pembelian Kredit
Sebagai jawaban dari surat yang dikirimkan oleh PT. Mega Buana, Jl. Timoho 108 Yogyakarta pada tanggal 21 Maret 2012 mengenai permohonan pembelian kredit CV. Sinar Gemilang, Jl. Harmoni No. 53 Semarang belum dapat melakukan penjualan barang secara kredit karena PT. Mega Buana bukan pelanggan dari CV. Sinar Gemilang. Apabila PT. Mega Buana berkenaan untuk mengirimkan surat referensi kepada CV. Sinar Gemilang maka CV. Sinar Gemilang akan mempertimbangkan kembali. Buat surat tersebut dalam bentuk indented.

1 komentar:

  1. berguna banget ni. thanks qhaqha
    jangan lupa visit juga www.ihsandonesian.blogspot.com

    BalasHapus